Cara Merawat Kesehatan Jantung

Cara Merawat Kesehatan Jantung - Semakin banyaknya orang yang peduli tentang kesehatan diri dan orang orang disekitarnya membuat informasi kesehatan begitu penting. Apalagi mengenai kesehatan jantung, karena jantung merupakan salah satu organ tubuh pada manusia yang sangat vital.. mengapa ya sangat vital/penting ? ini karena jantung berfungsi memompa darah dari seluruh tubuh, dan darah ini juga membawa sari-sari makanan serta nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, tidak ketinggalan darah jugalah yang membawa oksigen lalu di distribusikan ke seluruh tubuh.
Bagaimana ya jika fungsi jantung tersebut menurun atau tidak sehat lagi ?
Sebenarnya tanda-tanda jantung mulai tidak sehat dapat di ketahui, seperti ini sahabat :
Jika denyut jantung tidak teratur.
Jadi bila denyut jantung tidak teratur, ini sebuah indikasi bahwa keadaan jantung anda tidak sehat. Tentunya harus disertai pemeriksaan dokter.
Jika mengalami sesak napas. Gejala sesak napas adalah sebuah sinyal bahwa jantung anda dalam keadaan tidak sehat, tetapi jangan lupa sahabat harus memeriksakannya juga ke dokter.
Mendengkur saat tidur. Kejadian mendengkur pada banyak orang dipicu oleh menyempitnya saluran udara, baik ditenggorokan maupun lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh.jumlah oksigen ini pula yang di atur oleh jantung kita.
Untuk itulah penting bagi kita bagi yang masih berusia muda, dewasa atau sudah lanjut usia merawat kesehatan jantung kita. Karena sakit datang tanpa mengetuk pintu ibaratnya seperti itu. Di bawah ini ada beberapa tips cara merawat kesehatan jantung untuk sahabat sekalian :

1. Merubah gaya hidup.
Ketahuilah riwayat penyakit jantung pada keluarga anda
Olahraga secara teratur seperti, lari pagi, bersepeda selama 30 menit, jalan kaki selama 30 menit, bisa juga dengan menghindari lift dengan menggunakan tangga bila anda tidak sempat berolahraga.
Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak, karena bisa berakibat menyempitnya pembuluh darah di jantung.
Bila anda meroko, berhentilah. Karena akan memperberat kerja jantung
Hindari minum minuman yang mengandung alkohol

2. Istirahat yang cukup.
Atur jadwal harian anda, agar dapat melakukan kegiatan secara teratur dan terhindar dari stres.
Melakukan latihan yang dapat mengurangi stres, seperti terapi relaksasi, meditasi, yoga, dan tertawa. Tertawa adalah obat yang baik untuk menhindari atau mengurangi stres.
Periksakan kesehatan anda dengan teratur, dengan melakukan medical chek up dan monitoring tentang kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh.

3. Mengubah pola makan.
Memakan makanan yang banayak mengandung beta karoten, seperti kubis, wortel
Kurangi asupan makanan seperti kacang-kacangan
Mulailah mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, ikan dalam menu makan anda setiap hari
Mengubah kebiasaan minum kopi dengan mengganti dengan teh herbal atau banyak mengkonsumsi air putih
Meghindari pemakaian obat yang dapat memperberat kerja jantung
Mudah bukan cara merawat kesehatan jantung, kalau tidak dari kita sendiri yang menyadarinya siapa lagi ? mulai sekarang sayangi dirimu dan sayangi jantungmu. Karena dari situlah kita dapat mengetahui sumber kehidupan di dunia yang indah ini.
Mungkin hal diatas belum seberapa karena cara merawat kesehatan jantung masih tentu nya banyak sekali. Akan tetapi artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel Cara Mengobati Penyakit Asma.

- Salam Sehat -

Cara Merawat Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andrea Pengembala

1 Komentar:

  1. Sangat-sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya mengenai jantung, terimakasih infonya
    Ahlinya Obat Paru Paru

    ReplyDelete