Tips Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Bagi anda yang tidak bisa melewatkan makanan manis, coklat bahkan permen, tahukah anda bahwa makanan terebut sangat memiliki resiko tinggi dalam kerusakan gigi anda. Sehingga anda memiliki peranan penting untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi penting untuk menjaga gigi anda tetap sehat dan kuat.
Gigi berlubang merupakan salah satu bentuk kerusakan gigi yang juga menjadi penyebab sakit gigi. Penyebab gigi berlubang adalah sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Bakteri di mulut memakan sisa-sisa makanan dan mengeluarkan zat yang dapat merusak lapisan gigi. Lama-kelamaan, proses tersebut membuat gigi keropos, bolong atau berlubang.
Sebelum mengalami sakit gigi gara-gara gigi berlubang, ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang :

1. Gosok gigi setelah makan.

Menggosok gigi setelah makan akan memastikan bahwa tak ada sisa makanan  yang menempel dan juga dapat membersihkan gigi dari kuman.

2. Sikat gigi dua kali sehari.

Anda mungkin sering mendengar hal ini. Namun saran ini memang benar-benar bermanfaat. Jangan malas untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Akan sangat baik jika Anda juga menggosok gigi setelah makan, seperti poin satu di atas.

3. Menggunakan benang gigi.

Benang gigi atau dental floss bisa membantu menghilangkan partikel kecil yang tersangkut di celah-celah gigi. Ini alasan mengapa menggunakan benang gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang, terutama pada bagian-bagian tak terlihat di antara celah-celah gigi. Biasanya makanan yang tersangkut pada tempat tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada dua gigi sekaligus.

4. Makanan sehat.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Gigi yang kuat juga membutuhkan nutrisi seperti kalsium. Jadi jangan hanya menggosok gigi, tetapi juga penuhi kebutuhan nutrisinya.

5. Hindari makanan yang mudah melekat pada gigi.

Hindari mengonsumsi makanan yang berkemungkinan menempel pada gigi seperti permen, coklat dan lainnya. Makanan semacam ini bisa menyebabkan kerusakan besar pada gigi serta membuat gigi cepat berlubang. Bila tidak rajin menggosok setelah memakan makanan yang manis tersebut.

6. Kunjungi dokter secara teratur.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi secara teratur pada dokter gigi. Dokter gigi bisa membantu menemukan lubang kecil yang bisa jadi tak terlihat ketika anda menggosok gigi. Melakukan check up teratur dengan dokter gigi juga membantu mencegah gigi berlubang.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Tentunya lebih baik mencegah daripada membiarkan gigi berlubang dan merasakan sakitnya. Belum lagi anda harus mengeluarkan uang untuk membayar perawatan menambal gigi. Jadi jagalah gigimu sebelum datang masa sakitnya.

Tips Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andrea Pengembala

0 Komentar:

Post a Comment